Laboratorium Desain Produk Teknik Manufaktur

Ruang Lab. CAD/CAM/CAE

Computer-aided design (CAD) 

merupakan teknologi berbasis komputer yang digunakan untuk merancang, memodifikasi, menganalisa, atau melakukan optimasi pada sebuah desain (komponen atau produk). Hasil kreasi menggunakan CAD dapat berupa model 3D (tiga dimensi) maupun gambar kerja (proyeksi). Model 3D tersebut dapat dianalisa secara teknik dengan menggunakan teknologi CAE, maupun merancang proses pemesinannya menggunakan teknologi CAM. CAD juga memungkinkan desainer untuk merancang dan menganalisa mekanisme, membuat animasi, maupun melakukan rendering pada hasil desainnya. Perangkat lunak yang digunakan di Teknik Manufaktur Ubaya adalah PTC Creo dan SolidWorks, dimana perangkat lunak tersebut banyak digunakan di Industri-industri Manufaktur ternama, baik nasional maupun internasional.

 

Computer-aided Manufacturing (CAM) 

merupakan teknologi berbasis komputer lanjutan dari CAD, yang digunakan untuk merancang proses pemesinan dari suatu komponen. CAM akan mengatur pergerakan pahat, benda kerja, maupun bagian lain dari mesin CNC. Hasil rancangan CAM akan diintegrasikan dengan mesin Computer Numerical Control (CNC) untuk menghasilkan suatu komponen melalui proses pemesinan otomatis. Perangkat lunak CAM yang digunakan Teknik Manufaktur Ubaya adalah Creo Manufacturing dan Master CAM.

 

Computer-aided Engineering (CAE) 

merupakan tahap lanjutan dari CAD yang digunakan untuk menganalisa kekuatan komponen terhadap beban yang diterimanya (gaya, torsi, tekanan, dan sebagainya), melakukan simulasi desain (statis, dinamis, kinematis, bucklingfatigue, dan sebagainya), serta melakukan optimasi desain komponen. 

Di Teknik Manufaktur Ubaya, mahasiswa akan praktek langsung menggunakan komputer (satu mahasiswa satu komputer) dan belajar semua materi mulai dasar dengan bimbingan dosen dan asisten yang berkompeten di bidang CAD/CAM/CAE. Beberapa dosen dan asisten di Teknik Manufaktur Ubaya telah tersertifikasi CSWA Internasional (Certified SolidWorks Associate), sehingga mempunyai hak untuk memberikan fasilitas sertifikasi akademik kepada mahasiswa. Fasilitas tersebut khusus bagi mahasiswa Teknik Manufaktur, apabila mereka lulus mata kuliah CAD dengan nisbi A, maka mereka otomatis akan mendapatkan sertifikat SolidWorks yang juga diakui secara internasional. Sertifikat ini akan diberikan bersamaan dengan penerimaan ijazah saat mahasiswa lulus. 

Selain software dan hardware, ruang lab ini juga dilengkapi dengan 3 mesin desain, yaitu: 3D Scanner (scanner obyek 3 dimensi) dan mesin Engraving / Mini Milling, dan 3D Printer (printer 3 dimensi).

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/fasilitas/view/26/Ruang-Lab-CADCAMCAE

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top