Laboratorium Sistem dan Teknologi Manufaktur

Ruang Lab. Proses Manufaktur

Salah satu peran utama Laboratorium Proses Manufaktur adalah mewadahi kegiatan akademis mahasiswa dalam mata kuliah Praktikum Proses Manufaktur. Mahasiswa merancang proses pembuatan komponen atau produk melalui beberapa proses manufaktur, baik pemesinan (bubut, milling, drilling, boring, grinding), pembentukan (bending), maupun penyambungan (riveting, welding). Lab ini juga terbuka bagi pembuatan prototip Tugas Akhir, maupun prototip kompetisi Desain/Perancangan Produk yang diikuti mahasiswa Teknik Manufaktur. Selain mendukung pembuatan spesimen untuk lab yang lain, lab proses manufaktur juga mendukung lab CNC dalam pengerjaan order dari pihak industri.

Beberapa peralatan dan mesin yang ada di lab ini antara lain:

   1. Mesin konvensional: mesin bubut, mesin milling, surface grinding, mesin bending plat, mesin radial drilling, mesin bandsaw, dsb.

   2. Alat Pengelasan: las listrik (SMAW), las acetylene.

   3. Mesin non konvensional: Electrical Discharge Machine (EDM).

   4. Peralatan kerja bangku dan pendukung lainnya.

   5. Peralatan Surface Treatments: Anodizing, Powder Coaating

   6. Alat Peraga dan Simulasi Motor Bakar.

   7. Peralatan Proses Casting: Tungku Peleburan, etc.

 

 

 

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/fasilitas/view/37/Ruang-Lab-Proses-Manufaktur

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top