Laboratorium Sistem dan Teknologi Manufaktur

Ruang Lab. Computer Numerical Control (CNC)

Laboratorium Computer Numerical Control (CNC) berperan sangat penting baik dalam hal penelitian dan pengajaran, pelatihan, magang bagi mahasiswa, maupun kerjasama dengan industri manufaktur. Dalam pembelajaran, lab CNC berperan dalam mata kuliah proses manufaktur dan CNC & CAM. Sedangkan dalam penelitian, lab ini sering memfalitasi penelitian Tugas Akhir mahasiswa dan penelitian dosen. Kerjasama dengan industri manufaktur umumnya berupa jasa pemesinan komponen, konsultasi pemesinan dan training. Berkolaborasi dengan laboratorium Desain Produk, lab CNC juga memberikan jasa pelatihan kepada masyarakat (melalui instansi pemerintah) dan SMA/SMK.

 

Laboratorium CNC didukung dengan mesin-mesin CNC skala industri, yang meliputi:

   1. CNC Wire Cut EDM SODICK

   2. CNC Milling MAHO 

   3. CNC Vertical Machining Center Hartford

   4. CNC Turning Leadwell

   5. CNC Turning HITEC TURN

 

Selain praktikum di kuliah CNC & CAM, mahasiswa Teknik Manufaktur juga diberi kesempatan untuk mengikuti program magang (pemantapan skill) di luar perkuliahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keunggulan lulusan Teknik Manufaktur Ubaya khususnya di bidang Manufacturing Proccess Planner, CAM, dan CNC Programming. Dengan teknologi CAM, mesin CNC, serta kerjasama yang baik dengan industri, maka mahasiswa dapat belajar dan praktek langsung dengan materi dan problem yang sering ditemui di industri.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/fasilitas/view/38/Ruang-Lab-Computer-Numerical-Control-CNC

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top