Berita Teknik Manufaktur

Kuliah Tamu Teknik Manufaktur bersama PT. ASSAB STEEL INDONESIA
30 March 2017

Teknik Manufaktur Universitas Surabaya didukung oleh PT. ASSAB STEEL INDONESIA melaksanakan Kuliah Tamu pada 14 Maret 2017. Kuliah tamu kali ini memiliki tema tentang Tool Steel Performance Application & Heat Treatment Seminar. Heat Treatment sendiri diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk mengontrol mikrostruktur dari material untuk meningkatkan atau mendapatkan sifat tertentu, seperti meningkatkan kekerasan material, ketahanann terhadap perubahan temperature, keuletan, dan kekuatan.

Pada sesi awal, Bapak Asep Rusmana selaku Sales Regional Manager dari PT. ASSAB STEEL Indonesia menyampaikan penjelasan mengenai beberapa proses yang ada pada heat treatment, seperti Case Hardening, annealing dan normalizing. Setelah sesi awal selesai, banyak mahasiswa yang memberikan pertanyaan, terutama mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir mengenai heat treatment. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut Bapak Asep menjawab dan berbagi pengalaman mengenai kondisi riil yang dihadapi pada saat melakukan proses heat treatment serta cara menghadapinya.

“Penjelasan dari Bapak Asep sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama bagi mereka yang sedang mengambil Tugas Akhir. Tidak hanya itu, penjelasan mengenai contoh riil dan solusi-solusinya tidak akan didapat di dalam perkuliahan karena merupakan pengalaman pribadi saat berkarir. Semoga ini dapat menjadi bekal bagi mahasiwa baik saat kuliah maupun saat berkarir di bidang heat treatment ini.” Pesan Bapak Dr. Susila candra, salah satu dosen Teknik Manufaktur.

“Ternyata proses heat treatment sangat banyak dan tentunya penting dalam dunia industri. Saya berharap kuliah tamu seperti ini dapat terus dilaksanakan supaya kami, mahasiswa lebih mengerti mengenai proses-proses manufaktur beserta penerapakannya di dunia industri.” Komentar Valencia lilian utomo salah satu mahasiswa yang menjadi  peserta kuliah tamu. 

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/29/Kuliah-Tamu-Teknik-Manufaktur-bersama-PT-ASSAB-STEEL-INDONESIA

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top