Berita Teknik Manufaktur

Teknik Manufaktur dipercaya oleh Disperindag Propinsi Jawa Timur untuk mengadakan pelatihan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM)
05 May 2017

Untuk kesekian kalinya, Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya dipercaya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Propinsi Jawa Timur, untuk mengadakan pelatihan kepada masyarakat dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Tema pelatihan yang diadakan pada 27-29 Maret 2017 ini adalah Penguatan Industri Komponen Berbahan Logam Paduan. Peserta pelatihan tersebut adalah UKM di Bidang logam dari Kota Pasuruan.

Bertempat di Gedung Delapan, acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Pasurua. Acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai perancangan proses Pengecoran (casting) dan perautan (machining) untuk menghasilkan komponen aksesoris otomotif (sepeda motor dan mobil) oleh Bapak Dr. Susila Candra dan Bapak Ir. Yon Haryono, MT., dosen prodi Teknik Manufaktur Ubaya. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Di samping materinya sangat menarik, materi ini sangat berguna bagi UKM untuk mengembangkan industri mereka, khususnya di kota Pasuruan.

Pada hari kedua, acara dilangsungkan di UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Kota Pasuruan. Para peserta pelatihan dapat langsung praktek bagaimana cara melakukan proses pengecoran yang baik. Sedangkan pada hari ketiga, pelatihan dilanjutkan di SMK 2 Pasuruan, untuk Praktek bagaimana merancang dan melakukan Proses Pemesinan dengan baik. “Peserta diharapkan dapat menghasilkan produk berkualitas baik, serta mampu menghasilkan kekasaran permukaan yang paling baik pada produk-produk tersebut.” harap Bapak Dr. Susila Candra, salah satu tenaga ahli pada pelatihan ini.

Supaya penyampaian materi lebih optimal, metode pelatihan dirancang dengan baik sehingga peserta semakin bersemangat. Contohnya, pada hari ketiga peserta dibagi dalam kelompok-kelompok , dimana kelompok tersebut ditandingkan. Kriteria pemenang sesuai dengan tujuan pelatihan yang diharapkan, yaitu menghasilkan produk/komponen yang memiliki hasil perautan dengan kekasaran permukaan paling baik. Peserta sangat antusias mengikuti pertandingan tanpa hadiah tersebut. 

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/30/Teknik-Manufaktur-dipercaya-oleh-Disperindag-Propinsi-Jawa-Timur-untuk-mengadakan-pelatihan-kepada-Usaha-Kecil-Menengah-UKM

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top