Berita Teknik Manufaktur

Teknik Manufaktur bersama Disperindag Propinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Pelapisan pada Logam
12 May 2017

Pada 18-20 April 2017, Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Propinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM).  Pelatihan dengan tema pelapisan pada logam ini dikhususkan bagi UKM bidang logam dari Kota Surabaya dan Sidoarjo.

Trainer pada pelatihan yang dilakukan di laboratorium Teknik Manufaktur UBAYA ini adalah Dr. Susila Candra dan Ir. Yon Haryono, MT, dosen tetap Prodi Teknik Manufaktur. Trainer juga dibantu oleh laboran yang berkompeten di bidang ini. Pada hari pertama, peserta dikenalkan dengan proses, teknologi, dan aplikasi pelapisan logam (coating). Dengan dilakukannya pelapisan ini pada logam, maka logam akan memiliki ketahanan warna yang tinggi, tidak cepat pudar maupun mengelupas. Tidak hanya itu, pelapisan ini juga dapat melindungi logam dari timbulnya karat.

Pada hari kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempraktekkan salah satu metode pelapisan logam, yaitu Anodizing. Sedangkan pada hari ketiga, praktek yang dilakukan adalah pelapisan logam dengan metode Powder Coating.

 “Peserta diharapkan dapat menghasilkan produk berkualitas baik, serta mampu membangun bisnis mereka sendiri meski dengan modal yang sedikit. Peralatan proses anodizing sangat mudah diperolah, barang bekas pun juga dapat dimanfaatkan. Masyarakat dapat menjadi lebih mandiri dan pengangguran juga dapat berkurang karena adanya peluang serta lapangan pekerjaan yang baru.” harap Ir. Yon Haryono, MT.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena materinya sangat menarik dan disertai dengan praktek. Pelatihan ini sangat berguna bagi UKM untuk mengembangkan maupun untuk memulai bisnis baru di bidang pelapisan logam.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/35/Teknik-Manufaktur-bersama-Disperindag-Propinsi-Jawa-Timur-mengadakan-Pelatihan-Pelapisan-pada-Logam

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top