Berita Teknik Manufaktur

Studi Ekskursi Keluarga Besar Teknik Manufaktur ke Perusahaan terkemuka di Jakarta dan Bandung
19 May 2017

Tahun 2017 ini, Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya menyelenggarakan Studi Ekskursi ke wilayah barat pulau Jawa. Jakarta dan Bandung menjadi kota tujuan studi ekskursi yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam ini. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dan dosen serta karyawan Prodi Teknik Manufaktur.

Hari pertama (26/04), setelah tiba di Bandara  Soekarno Hatta, peserta SE melanjutkan perjalanan ke perusahaan pertama yaitu PT. KOMATSU INDONESIA. Setibanya di sana, rombongan Prodi Teknik Manufkatur disambut oleh Bapak Taufiqullah selaku Deputy General Manager Asia Development Centre. PT KOMATSU INDONESIA merupakan salah satu industri terkemuka di Indonesia yang memproduksi alat berat, seperti excavator, dump truck, buldozer, dan motor grader.

Dalam company visit kali ini, banyak pengalaman baru yang diperoleh peserta SE terutama bagi mahasiswa, dimana mereka dapat mengamati secara langsung dunia manufaktur dan bagaimana proses yang ada saat melakukan produksi alat berat. Mahasiswa juga dapat mengetahui kondisi di lapangan serta bagaimana penerapan ilmu – ilmu yang telah diperoleh saat perkuliahan. Tak lupa juga di akhir kesempatan, para peserta SE mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama. Setelah kunjungan selesai, peserta SE melanjutkan perjalanan menuju hotel untuk beristirahat dan bersiap diri untuk pergi ke tempat selanjutnya pada hari pertama.

Pada Sore harinya, peserta berangkat menuju NET TV, untuk menyaksikan secara live salah satu tayangan favorit masyarakat saat ini yaitu “Ini Talkshow”. Beberapa saat sebelum acara dimulai, peserta SE memasuki studio dengan dipandu oleh kru Net TV. Tak lama kemudian acara pun dimulai, para peserta tampak sangat menikmati acara yang dibawakan oleh Andre Taulany dan Sule tersebut. Tak lupa juga setelah acara berakhir, dosen dan mahasiswa mengabadikan momen dengan foto bersama di dalam studio “Ini Talkshow”. Setelah itu para peserta SE kembali ke hotel untuk beristirahat.

Pada hari kedua (27/04), peserta SE berangkat menuju perusahaan kedua yaitu Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia yang terletak di Cengkareng. GMF merupakan perusahaan internasional penyedia layanan perawatan pesawat terbesar di Asia.

Para peserta SE pun memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana proses maintenance yang dilakukan pada pesawat secara langsung. Tak hanya itu, beberapa peserta SE pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen bersama si “burung besi” yang terdapat pada area hanggar.

            Malam harinya, peserta SE menikmati makan malam di dusun bambu kota kembang. Dusun bambu merupakan salah satu objek wisata kebanggaan ibu kota Jawa Barat yang memiliki wisata alam yang sangat indah. Peserta SE memanfaatkan kesempatan menikmati keindaahan objek wisata sembari menyantap hidangan makan malam.

            Hari ketiga (28/04), peserta SE menghabiskan waktu di Bandung. Di hari terakhir ini, peserta SE memanfaatkan waktu untuk berbelanja dan membeli oleh – oleh khas kota kembang. Tak hanya mahasiswa, tetapi bapak ibu dosen dan karyawan pun terlihat antusias menjelajahi pusat oleh – oleh, tak sedikit dari mereka yang membawa pulang berbagai macam jajanan khas Bandung ataupun pernak pernik lainnya. Tak terasa waktu berlalu begitu cepat dan sore hari pun tiba, peserta SE melakukan perjalanan menuju Bandara Husen Sastra Negara untuk penerbangan pulang menuju Surabaya.

            Seperti kesan-kesan terdahulu, Studi Ekskursi selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mahasiswa dan dosen serta karyawan Teknik Manufaktur Universitas Surabaya. Selain sebagai sarana pembelajaran secara langsung, Studi Ekskursi juga dapat menambah wawasan dan pengalaman baru yang tentunya tidak didapatkan di dalam perkuliahan. “Studi ekskursinya seru banget, perusahaan yang dikunjungi juga sangat menarik, pesawat dan alat – alat berat kan jarang kita jumpai, tapi dengan ikut SE kita bisa melihat dari jarak dekat bahkan bersentuhan dan mengetahui proses-proses desain dan manufaktur yang ada di dalamnya”, ucap Tiara Dewi, salah satu peserta SE 2017. “Banyak ilmu yang didapat, bisa tahu sistem dan proses produksi alat berat Komatsu secara langsung.” kata peserta SE yang lain yaitu Lavenia.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/37/Studi-Ekskursi-Keluarga-Besar-Teknik-Manufaktur-ke-Perusahaan-terkemuka-di-Jakarta-dan-Bandung

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top