Berita Teknik Manufaktur

Seminar Manufacturing Technology Update 2017
18 July 2017

Pertumbuhan pembangunan Indonesia didorong oleh kontribusi sektor prioritas seperti industri pengolahan, pertambangan dan energi, pertanian, dan penun­jang dalam sektor perdagangan serta jasa. World Economic Forum (WEF) memaparkan bahwa peringkat Global Competitive­ness Index (Indeks Daya Saing Global) Indonesia masih di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand, padahal Indonesia memiliki sumber daya alam yang jauh melimpah dibanding ketiga negara ASEAN tersebut. Sesuai dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, Indonesia secara bertahap melakukan penguatan di sektor industri hulu berbasis agro, mineral dan migas, diikuti dengan pembangunan industri pendukung dan unggulan, berbasis inovasi teknologi.

Industri-industri tersebut harus didukung dengan infrastruktur dan sumber daya manusia yang kompeten. Hal tersebut tentu saja berimbas pada semakin tingginya kebutuhan sarjana teknik yang berkualitas. Pemerintah harus mempersiapkan generasi muda yang berkualitas untuk meme­nuhi kebutuhan tersebut, terutama di era pasar bebas ini. Selain itu, persaingan di tingkat internasional yang cukup ketat akibat arus barang import yang semakin menekan keberadaan produksi barang di Indonesia. Jika kita tidak siap, maka kesempatan ini akan sangat mungkin diisi oleh para insinyur asing. Oleh karena itu, daya saing bangsa harus terus ditingkatkan dengan menumbuh-kembangkan generasi muda dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang memiliki kreatifitas, kemampuan dan keterampilan di bidang perancangan produk teknik, rekayasa, pengolahan/manufaktur dan energi.

Teknik Manufaktur UBAYA adalah program pendidikan S1 yang mempelajari perancangan (desain) produk, perancangan proses pembuatan produk, serta manajemen produksi. Ketiga keilmuan tersebut merupakan satu rangkaian ke­ilmuan yang terintegrasi dalam bisnis di industri manufaktur. Sarjana Teknik Manufaktur UBAYA diharapkan mampu menggalakkan Industri Manufaktur di Indonesia di era global ini.

Hal tersebut membutuhkan dukungan dan sinergi yang kuat antar stakeholder prodi Teknik Manufaktur. Oleh karena itu, Prodi Teknik Manufaktur UBAYA mengundang masyarakat industri dan akademisi dalam Seminar Manufacturing Technology Update: Teknologi dan Karya Anak Bangsa. Seminar ini akan membahas beberapa teknologi dan karya putra/putri Indonesia, yang berperan besar dalam pertumbuhan manufaktur di Indonesia. Seminar ini merupakan salah satu kontribusi nyata prodi Teknik Manufaktur UBAYA dalam mengajak generasi muda Indonesia untuk berani dan percaya diri dalam berkarya bagi negeri ini. Teknologi dan karya generasi muda ke depannya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Bisnis dan Industri khususnya di bidang Manufaktur.

 

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/38/Seminar-Manufacturing-Technology-Update-2017

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top