Berita Teknik Manufaktur

STUDI EKSKURSI KE PT. INSERA SENA
26 July 2018

Tanggal 24 juli 2018, Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya menyelenggarakan kegiatan Studi Ekskursi. Program rutin ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat belajar lebih dalam mengenai keilmuan manufaktur di industri.           

Perusahaan yang menjadi tempat untuk SE kali ini adalah PT INSERA SENA PLANT 2 yang berlokasi di Jl. HR Moch. Mangundiprojo Km 3.5, Sidoarjo, salah satu industri manufaktur ternama yang memproduksi sepeda POLYGON. Di sana para peserta mendapatkan banyak informasi mengenai proses produksi sepeda. Dari raw material pipa, peserta melihat proses-proses raw material handling seperti degreasing dan cutting, kemudian frame construction seperti forming, joining (welding), lalu proses decal and painting, wheel building, assembling line, hingga packaging pada pembuatan sepeda middle end.

Prodi Teknik Manufaktur juga mengunjungi area pembuatan sepeda high end yang harganya di atas 15 juta rupiah. Produk POLYGON yaitu X QUARONE EX9 dengan harga 102 juta rupiah juga dibuat pada area tersebut. Setelah selesai berkeliling pabrik, dilakukan sesi tanya jawab yang diikuti dengan dan test ride sepeda SISKUI T7 seharga 20,5 juta rupiah. Monica, salah satu peserta SE menyatakan “Saya mendapatkan banyak ilmu disana. Saya excited banget melihat aplikasi dari ilmu yang saya pelajari di teknik manufaktur seperti proses-proses design, cutting, forming, perlakuan panas, otomasi. Terlebih lagi pada produk yang sering saya temui yaitu sepeda. Ada kesempatan untuk melihat proses pembuatan sepeda  high end, dimana pembuatannya didalam ruangan khusus dengan karyawan khusus.” Begitu pula dengan Vincent, “Saya mendapatkan gambaran nyata dari praktek teknik manufaktur disana. Saya dapat melihat rangkaian proses produksi mulai dari pengolahan material mentah hingga terbentuk sebuah produk sepeda. Sungguh pengalaman yang luar biasa ketika secara langsung melihat proses forming pipa dan ASRS (Automated Storage and Retrieval System).”

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/44/STUDI-EKSKURSI-KE-PT-INSERA-SENA

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top