Berita Teknik Manufaktur

Suasana Presentasi Konsep Desain Produk Mahasiswa TM pada Mata Kuliah Design Project
12 December 2018

Selasa 11 Desember 2018, suasana ruang diskusi dan Laboratorium Desain Produk Teknik Manufaktur tampak sedikit berbeda. Mahasiswa yang umumnya tampil sporty dan casual, pada kali ini terlihat rapi dan elegan. Mereka adalah mahasiswa Teknik Manufaktur UBAYA angkatan 2015 yang akan mempresentasikan konsep desain dari Design Project -nya.

Design Project adalah mata kuliah yang memfasilitasi maha­siswa untuk merancang sebuah konsep desain produk dalam satu tim desain produk teknik. Untuk merealisasikannya, mahasiswa melakukan identifikasi kebutuhan konsumen yang bisa menjadi peluang bisnis, melakukan pengembangan konsep, pengembangan produk, menganalisa produk, meran­cang proses manufaktur dan perakitan, serta melakukan analisis biaya. Setiap proses desain tersebut disupervisi oleh dosen-dosen Teknik Manufaktur, sesuai dengan kompetensinya. Tema yang diusung pada Design Project kali ini adalah Green Product, Manufacturing, and Energy.

Hasil konsep desain dituangkan dalam bentuk Product Design Portfolio dan Digital Prototyping, dengan bantuan software CAD (Computer Aided Design) Creo atau SolidWorks. Tim desain akan mempresentasikan dan mendiskusikan hasil desainnya di hadapan dosen penguji. Namun yang menjadi kelebihan di Teknik Manufaktur UBAYA, diskusi dengan dosen penguji tidak hanya seputar tanya jawab saja. Dosen akan membantu dan mengarahkan apabila hasil desain dari mata kuliah Design Project ini dapat dilanjutkan menjadi Tugas Akhir Perancangan, mengikuti lomba dan kompetisi (nasional atau internasional), potensi paten, mauapun potensi untuk dikembangkan menjadi bisnis bagi mahasiswa.

Dengan keilmuan yang terintegrasi dalam Industri Manufaktuir (Desain Produk, Proses dan Teknologi Manufaktur, serta Manajemen Produksi/Sistem Manufaktur), mahasiswa di Teknik Manufaktur UBAYA mendapatkan bekal ilmu yang sangat komplit untuk berkompetisi di tengah masyarakat bisnis dan industri manufaktur. Tidak hanya sekedar mengerjakan tugas, namun softskill mahasiswa Teknik Manufaktur juga semakin terasah dari keberlanjutan tugas tersebut.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/53/Suasana-Presentasi-Konsep-Desain-Produk-Mahasiswa-TM-pada-Mata-Kuliah-Design-Project

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top