Berita Teknik Manufaktur

Kunjungan dari SMP Kr Gloria
30 January 2019


Selasa (29/1) Teknik Manufaktur UBAYA mendapatkan kunjungan fieldtrip dari SMP Kr Gloria 2. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama murid SMP ke Teknik manufaktur.

Sebelum acara dimulai, mereka di persilahkan untuk melihat proses pembuatan produk dan komponen menggunakan mesin 3D printing sambil menikmati snack. Acara ini diawali dengan pengenalan "Apa itu manufaktur?" Lalu dilanjutkan dengan pengenalan sistem pembelajaran dan fasilitas yang ada diteknik manufaktur UBAYA. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Desain Produk oleh Bpk Sunardi Tjandra S.T,M.T selaku kepala program studi teknik manufaktur Ubaya. Hal ini dilakukan agar murid SMP mengenal apa itu desain produk dan mengetahui apa saja aspek yang harus diperhatikan saat mendesign suatu produk Manufakatur. 

Kemudian fieldtrip dilanjutkan dgn demo membuat produk dengan software Solidworks. Demo ini dipandu langsung oleh Sheila Jeslyn Singgih mahasiswa Teknik Manufaktur yang baru saja mendapatkan sertifikasi internasional CSWA (Certified Solid Works Associated)

Setelah pengenalan dan penjelasan, para siswa kemudian diajak untuk melakukan Simulasi Desain Produk dalam bentuk permainan. Dalam permainan ini, siswa berkelompok diharapkan untuk dapat membuat sebuah mobil yang bergerak dengan menggunakan tenaga baloon yang ditiup. Dalam merancang mobil ini, siswa tidak hanya memperhatikan aspek estetika namun juga harus mementingkan performa mobil. Dengan menggunakan bahan seperti tutup botal, kotak susu dan lidi, banyak siswa mampu membuat mobil dalam waktu yang singkat. Kemudian mobil yang telah dibuat diharapkan dapat berjalan dengan jarak sejauh mungkin. Kelompok yang dengan mobil yang mampu berjalan terjauh adalah pemenangnya, dan berhak melawan mobil panitia.

Kemudian acara fieldtrip ditutup dengan pemberian cinderamata dari teknik manufaktur kepada SMP Kr Gloria 2 dan sebaliknya.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/57/Kunjungan-dari-SMP-Kr-Gloria

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top