Berita Teknik Manufaktur

STUDI EKSKURSI KE PT. DEMPO LASER METALINDO & PT. UNTUNG BERSAMA SEJAHTERA
12 March 2020

            Selasa, 25 Februari 2020 diadakan Studi Eksursi atau Company Visit ke PT. Dempo Laser Metalindo, Rungkut Industri, Surabaya dan PT. Untung Bersama Sejahtera, Gading, Kec. Tambaksari, Surabaya. Studi Ekskursi ini diikuti oleh Mahasiswa Teknik Manufaktur, Dosen Pendamping, dan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Teknik Manufaktur UBAYA. Company Visit atau Studi Ekskursi merupakan salah satu program tahunan Prodi Teknik Manufaktur yang bertujuan untuk memberikan informasi lebih luas mengenai udate teknologi manufaktur yang riil di dunia industri. Selain itu, mahasiswa diharapkan mendapat gambaran tentang dunia industri sebagai bekal untuk berkarir di industri manufaktur.

            Company Visit ini diawali dengan kunjungan ke PT. Dempo Laser Metalindo, Rungkut Industri, Surabaya. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa pemotongan sheet metal menggunakan sinar laser berteknologi tinggi sehingga diperoleh kualitas yang baik. Selain itu, PT. Dempo Laser Metalindo juga menyediakan jasa bending, punching, welding, dan forming pada sheet metal. Setelah sampai di PT. Dempo Laser Metalindo, peserta langsung diajak untuk berkeliling ke lantai produksi. Mulai dari tempat peletakan material, melihat proses pemotongan dengan mesin laser, tempat pengelasan, sampai tempat packaging produk yang sudah jadi. Banyaknya proses manufaktur yang diaplikasikan di lantai produksi PT. Dempo Laser Metalindo, Rungkut Industri, membuat mahasiswa Teknik Manufaktur begitu antusias untuk mengajukan pertanyaan seputar proses-proses tersebut.

            Setelah Company Visit di PT. Dempo Laser Metalindo, Rungkut Industri, Surabaya berakhir sekitar pukul 12.00, Mahasiswa Teknik Manufaktur, Dosen Pendamping, dan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Teknik Manufaktur UBAYA melanjutkan Company Visit kedua yang bertempat di PT. Untung Bersama Sejahtera, Gading, Kec. Tambaksari, Surabaya yang merupakan pusat perusahaan emas model baru yang mengolah emas mentah hingga menjadi produk perhiasan yang siap pakai. Para peserta Company Visit yang tiba di PT. UBS pertama-tama diminta untuk berkumpul di aula perusahaan untuk mendapat materi mengenai K3 dan aturan-aturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Kemudian, peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk dibawa ke lantai produksi yang berbeda-beda. Adapun lantai produksi yang ditunjukkan adalah pembuatan kalung, pemberian motif, dan assembly kalung. Pada setiap lantai produksi, peserta dapat melihat secara detail bagaimana motif kalung dibuat menggunakan pahat intan, bahkan peserta dapat melihat secara langsung proses pembuatan rantai kalung hingga diassembly dengan liontin.

            Company Visit yang diadakan tahun ini sangat berkesan bagi para pesrta, khususnya para Mahasiswa Teknik Manufaktur UBAYA. Semoga manfaat dan pengalaman Company Visit ini dapat menambah wawasan dan juga sebagai bekal untuk berkarir di dunia profesional pada era Revolusi Industri 4.0.

 

#ProudToBeManufers

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/72/STUDI-EKSKURSI-KE-PT-DEMPO-LASER-METALINDO-PT-UNTUNG-BERSAMA-SEJAHTERA

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top