Berita Teknik Manufaktur

Solidworks Goes To Campus Online
01 May 2020

Pada hari Selasa, 28 April 2020, Prodi Teknik Mesin dan Manufaktur bekerja sama dengan PT. Arisma Data Setia (PT. ADS) mengadakan webinar mengenai SolidWorks Goes To Campus. Webinar kali ini diikuti oleh kurang lebih 60 orang yang terdiri dari Kaprodi. Teknik Mesin dan Manufaktur, Ibu Arum Soesanti S.T., M.T., Tim dari PT.ADS, teman-teman SMA/SMK sederajat, dan juga mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin dan Manufaktur, yang sekaligus sebagai kuliah tamu online pertama yang dilakukan. Pada kesempatan kali ini materi awal dibawakan oleh Mas Ondy dari Tim PT.ADS, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Arum Soesanti S.T., M.T. mengenai pengenalan tentang Prodi Teknik Mesin dan Manufaktur Universitas Surabaya.

Webinar kali ini membawakan materi mengenai kegunaan dari penggunaan SolidWorks di dunia industri khususnya industri manufaktur di Indonesia. Diawali dengan pengenalan profile PT. Arisma Data Setia, yang merupakan perusahaan system integrator dan reseller resmi SolidWorks di Indonesia dari tahun 1996. PT. ADS ini memberikan layanan di bidang IT seperti desain dan pengembangan LAN serta solusi CAD 3D. Selain pengenalan mengenai profile perusahaan, peserta diajak untuk mengenal lebih lagi apa itu software SolidWorks, contohnya penjelasan mengenai sejarah dari CAD (Computer Aided Design), user experience dan manfaat mendalami CAD, tips dan trik ketika ingin mendaftar kerja di suatu perusahaan, dan gambaran mengenai dunia kerja, khususnya di dunia industri manufaktur.

Manfaat mendalami CAD ini salah satunya adalah dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat prototype, uji aliran fluida, uji kekuatan, dan juga lainnya. Diberikan penjelasan juga mengenai perusahaan-perusahaan yang menggunakan SolidWorks sebagai software CAD yang digunakan dan kegunaannya untuk menunjang proses produksi. Salah satu tips dan trik yang didapat adalah mengasah kemampuan softskill merupakan salah satu tolak ukur dari hasil wawancara perusahaan yang ingin menjadi tempat kerja kita kelak.

Webinar kali ini tentu sangat berkesan bagi para peserta, khususnya mahasiswa Teknik Mesin dan Manufaktur UBAYA, dan teman-teman dari SMA/SMK sederajat. Semoga manfaat yang didapat dari webinar ini dapat menambah wawasan dan bekal untuk berkarya kelak di dunia profesional.

#proudtobemanufers

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/news/read/86/Solidworks-Goes-To-Campus-Online

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top