Keilmuan

Teknik Manufaktur (TM) adalah sebuah program pendidikan S1 yang mempelajari perancangan (desain) produkperancangan proses pembuatan produk, serta manajemen produksi. Ketiga keilmuan tersebut merupakan satu rangkaian keilmuan yang terintegrasi dalam bisnis di industri manufaktur. Industri tersebut adalah industri yang mengolah bahan baku menjadi produk jadi, melalui proses desain dan kombinasi berbagai proses perubahan bentuk, seperti: pengecoran, penyambungan, pemesinan, dan pembentukan. Aktifitas sebuah Industri Manufaktur selalu melalui tahapan-tahapan yang saling bersinergi dengan baik. Tahapan-tahapan tersebut meliputi: identifikasi kebutuhan konsumen, konsep desain, pemilihan bahan baku, analisis teknik, analisis ergonomi, proses pembuatan, manajemen produksi dan analisis ekonomi.

Didasarkan pada fenomena tersebut, maka penyelenggaraan program pendididikan di Teknik Manufaktur FT-Ubaya dirancang guna membekali mahasiswa dalam bidang desain produk, proses produksi, otomasi industri, serta manajemen produksi. Keilmuan Teknik Manufaktur mempelajari bidang perancangan dan pengembangan produk (desain produk), perancangan proses Manufaktur (teknologi Manufaktur), serta pengelolaan sistem/manajemen produksi, sehingga produk yang dirancang dan dibuat memiliki kualitas tinggi, diterima oleh pasar (konsumen) dan memiliki nilai jual yang kompetitif.

Untuk menyelesaikan studi di Teknik Manufaktur, mahasiswa wajib menempuh 144 sks terdiri dari kelompok matakuliah umum, sosial dan kewirausahaan  dan basic science (sains), engineering science (sains rekayasa ), dan  manufacturing enginering design (desain rekayasa) dan pilihan. Waktu tempuh studi normal adalah 8 semester.

 

Agar mahasiswa dapat memiliki keahlian khusus, maka Teknik Manufaktur menyediakan 2 (dua) konsentrasi yaitu:

1. Desain Produk

Membekali mahasiswa dalam perancangan/mendesain produk manufaktur secara komprehensif mulai penggalian ide, pemenuhan kebutuhan konsumen, analisis teknik, perancangan dan realisasi proses pembuatannya, pertimbangan ekonomi dan pemasaran, sehingga produk tersebut unggul di pasar. Proses desain produk juga ditunjang dengan penggunaan software-software desain terkini (CAD/CAE). Para pengajar di Teknik Manufaktur telah tersertifikasi CSWA (Certified SOLIDWORKS Associate) dari Dassault Systemes International, sehingga mahasiswa Teknik Manufaktur Ubaya akan memperoleh sertifikat CSWA-Academic setelah mereka lulus. Sertifikat ini diakui secara internasional, sehingga lulusan Teknik Manufaktur Ubaya lebih mantab dalam menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

2. Teknik dan Manajemen Produksi

Membekali mahasiswa dalam merancang proses pembuatan produk manufaktur, melalui berbagai metode dan teknologi proses manufaktur, serta proses produksi dengan teknologi Computer Aided Manufacturing (CAM) dan Computer Numerical Control (CNC). Di samping itu mahasiswa juga dibekali keilmuan untuk merancang sebuah sistem manufaktur/produksi yang efektif, efisien, dan ekonomis.

Cakupan produk yang dirancang meliputi produk-produk manufaktur yang memiliki nilai fungsi, antara lain: produk peralatan rumah tangga, peralatan kantor, produk transportasi (otomotif, sepeda), produk mainan anak-anak, produk elektronik, consumer goods, produk alat bantu industri/peralatan pabrik, konstruksi/fabrikasi, peralatan pertanian, medical products, sport products, custom products, dan produk lain yang banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/profil/view/1/Keilmuan

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top