Teknik Manufaktur

Teknik Manufaktur (TM) adalah sebuah program pendidikan S1 yang mempelajari perancangan (desain) produkperancangan proses pembuatan produk, serta manajemen produksi. Ketiga keilmuan tersebut merupakan satu rangkaian keilmuan yang terintegrasi dalam bisnis di industri manufaktur. Industri tersebut adalah industri yang mengolah bahan baku menjadi produk jadi, melalui proses desain dan kombinasi berbagai proses perubahan bentuk, seperti: pengecoran, penyambungan, pemesinan, dan pembentukan. Aktifitas sebuah Industri Manufaktur selalu melalui tahapan-tahapan yang saling bersinergi dengan baik. Tahapan-tahapan tersebut meliputi: identifikasi kebutuhan konsumen, konsep desain, pemilihan bahan baku, analisis teknik, analisis ergonomi, proses pembuatan, manajemen produksi dan analisis ekonomi.

Didasarkan pada fenomena tersebut, maka penyelenggaraan program pendididikan di Teknik Manufaktur FT-Ubaya dirancang guna membekali mahasiswa dalam bidang desain produk, proses produksi, otomasi industri, serta manajemen produksi. Keilmuan Teknik Manufaktur mempelajari bidang perancangan dan pengembangan produk (desain produk), perancangan proses Manufaktur (teknologi Manufaktur), serta pengelolaan sistem/manajemen produksi, sehingga produk yang dirancang dan dibuat memiliki kualitas tinggi, diterima oleh pasar (konsumen) dan memiliki nilai jual yang kompetitif.

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/profil/view/13/Teknik-Manufaktur

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top