Kurikulum

Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Ubaya mempelajari keilmuan Perancangan dan Pengembangan Produk (desain produk), perancangan proses manufaktur (teknologi manufaktur), serta pengelolaan sistem manufaktur (manajemen produksi). Ketiga keilmuan tersebut merupakan satu rangkaian keilmuan yang terintegrasi dalam bisnis industri manufaktur.  Keilmuan Desain Produk memberi bekal kepada mahasiswa dalam  perancangan/mendesain produk manufaktur secara komprehensif mulai penggalian ide, pemenuhan kebutuhan konsumen, analisis teknik, perancangan dan realisasi proses pembuatannya, pertimbangan aspek bisnis, ekonomi dan pemasaran. Keilmuan ini ditunjang dengan penggunaan software desain terkini (CAD/CAM/CAE). 

Agar produk manufaktur dapat bersaing di pasar, maka didalam merancang produk juga harus mempertimbangkan aspek bisnis dan ekonomi termasuk nilai jual produk.  Pertimbangan faktor-faktor biaya harus diperhatikan mulai dari proses perancangan sampai dengan proses pembuatan. Kurikulum Teknik Manufaktur memberikan bekal faktor biaya di dalam proses perancangan dan pembuatan produk.
 
Keilmuan Teknik dan Manajemen Produksi akan membekali mahasiswa dalam hal kemampuan perancangan proses pembuatan produk manufaktur, melalui berbagai metode dan teknologi proses manufaktur. Di samping itu mahasiswa juga diberi bekal keilmuan untuk merancang sebuah sistem manufaktur/produksi yang efektif, efisien, dan ekonomis. 
 
 

COPYRIGHT

2016 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tm.ubaya.ac.id/index.php/profil/view/3/Kurikulum

Fakultas Teknik Manufaktur Universitas Surabaya

Top