Menuntaskan Misi Rahasia – Keseruan Field Trip SMP Margie ke TMM Ubaya

Pada 19 Agustus 2024, siswa-siswi dari SMP Margie Surabaya mengikuti field trip ke Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur Ubaya. Kegiatan ini bukan sekadar kunjungan biasa, tetapi merupakan pengalaman edukatif yang memberikan banyak pengetahuan dan keseruan.

Kunjungan ini dimulai dengan sesi pengenalan Mekanika Fluida oleh Bapak Dr. Ir. Yuwono Budi Pratiknyo, IPM. selaku Kaprodi TMM Ubaya sekaligus ketua panitia dalam kegiatan ini. Dalam sesi ini, para siswa diajak untuk memahami konsep Mekanika Fluida melalui presentasi yang interaktif. Tidak hanya disuguhi teori dasar, tetapi mereka juga diajak melihat bagaimana peran Mekanika Fluida dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa pun mengajukan berbagai pertanyaan dan terlibat aktif dalam sesi diskusi.

Puncak dari kunjungan ini terletak pada sesi berikutnya yang menjadi favorit semua siswa, yaitu mini games tentang Otomasi Industri. Di sini, mereka diberi misi rahasia yang harus diselesaikan dengan cepat dan tepat. Para siswa dibagi menjadi tim kecil dan diberikan tugas untuk menemukan kode rahasia yang menuntut kerja sama dan kemampuan berpikir kritis. Dipandu oleh kakak-kakak mahasiswa, mereka mencoba berbagai pendekatan untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Di akhir sesi, para siswa juga berkesempatan mencoba mengendarai sepeda listrik buatan dosen, staff, dan mahasiswa TMM Ubaya.

Para siswa terlihat sangat menikmati setiap momen dari kegiatan ini. “Seru!” ungkap para siswa di sesi penutup. Setelah berhasil menuntaskan misi rahasia ini, siswa-siswi SMP Margie pulang dengan mendapat lebih dari sekadar kenangan; mereka mendapat pengetahuan baru, dan pastinya, pengalaman yang menyenangkan.